Sabtu, 05 Desember 2009

Cerita Rakyat Banyuasin : Asal Mula Desa Pangkalan Panji



Desa pangkalan panji terletak di kecamatan Banyuasin III kabupaten Banyuasin. Di sini saya akan menceritakan asal mula desa pangkalan panji.

Menurut cerita penduduk setempat nama pangkalan panji berasal dari dua kata yaitu PANGKALAN dan PANJI . Dulu desa pangkalan panji tidak berpenghuni seperti sekarang. Keaadan di daerah tersebut sepi layaknya wilayah tak berpenghuni. Dulunya desa tersebut adalah aliran anak sungai yang bermuara ke sungai musi dan karena suatu sebab sungai itu mengering dan menjadi seperti sekarang.

Daerah tersebut merupakan sungai yang bermuara ke sungai musi. Lama kelamaan daerah tersebut menjadi ramai. Banyak pedagang atau saudagar-saudagar yang singgah dan melakukan kegiatan jaul beli di situ. Secara tidak langsung daerah tersebut menjadi persinggahan para pedagang sehingga membuat desa tersebut menjadi ramai dan berpenduduk. Keadaan di desa tersebut seketika berubah jadi pusat perdagangan.Oleh karena daerah tersebut menjadi pangkalan bagi para pedagang itu.

Desa tersebut pertama kali di bangun oleh seorang wanita yang bernama Sri Panji. Wanita itulah yang membangun desa tersebut sehingga ramai dan berpenduduk seperti sekarang. Sri Panj merupakan saudagar kaya yang singgah di sana. Setelah ia meninggal maka orang-orang yang tinggal di sana menggunakan namanya sebagai nama desa. Oleh karena itu desa tersebut disebut desa Pangkalan Panji. 



Diceritakan kembali oleh Dyan Rachmatullah

We Love culture oF banyuasin

3 komentar:

  1. Pangakalan panji adalah desaku yg sangat aku cinta dn ku syang,,aku kangen sma kau desaku yg sejuk dn indah...

    BalasHapus