Sabtu, 05 Desember 2009

Cerita Rakyat Banyuasin : Asal Usul Desa Musilandas




Musi Landas merupakan salah satu desa yang ada di daerah kabupaten Banyuasin. Musi Landas memiliki potensi alam yang patut diperhitungkan. Di sini saya akan memceritakan tentang legende yang ada di desa ini. Nama Musilandas telah digunakan sejak
lama sebagai nama daerah kami, menurut sejarah, kompeni Belanda pernah mendarat dan berkuasa di tanah Musilandas, hal in dibuktikan dengan adanya rumah bergaya arsitektur Belanda di musilandas.

Selain itu terdapat juga kantor PTPN VII yang merupakan kantor peninggalan Belanda. Ada juga bangunan tua yang dulunya digunakan sebagai ruang mesin yang dibangun pada tahun 1870-an.

Menurut cerita saat penjajahan dulu ada pesawat INGGRIS yang jatuh di hutan musilandas dan kerangkanya masih ada sampai sekarang tertimbun di dalam tanah karena itu hutan musilandas disebut hutan INGGRIS .

Nama Musilandas sendiri diambil dari kata “MUSI”dan “LANDAS” kata musi digunakan karena daerah kami dulunya adalah anak sungai MUSI yang lama kelamaan kering dan menjadi daratan yang banyak ditumbuhi pepohonan. Lalu kata landas berasal dari kata landasan udara yang dulunya terdapat di daerah ini. Oleh karena itu daerah kami diberi nama MUSILANDAS yang artinya anak sungai musi dan landasan udara.

Asal usul nama daerah Musilandas adalah salah satu contoh folklore lisan yang diwariskan secara turun temurun dalam masyarakat Banyuasin sebagai kebudayaan zaman dahulu.

3 komentar:

  1. Alhamdulillah..ada literature ttg tanah kelahiranku...terima kasih atas ulasannya..kebanggaan atas tempat kelahiranku, ku jadikan nama usahaku..MuLand Motor..
    Salam
    Ridhuan Wahyudi

    BalasHapus
  2. Tempat aku di besarkan, ternyata ada juga tulis artikelnya, di lanjut dah...

    BalasHapus
  3. Ulasannya kurang tepat atau kurang jelas:"
    tmpt saya tinggl coeg

    BalasHapus